1. Rasulullah saw. membaca satu hizib (dari al Qur’an) dan tidak meninggalkannya.
2. Beliau membaca al Qur’an secara tartil (membacanya dengan penuh khidmat, teratur dan benar), tidak membacanya dengan tergesa-gesa akan tetapi dengan bacaan yang tertafsirkan huruf perhuruf.
3. Beliau memotong-motong bacaannya dan berhenti pada setiap satu ayat, beliau membaca surah dengan bacaan yang tartil sehingga akan lebih terasa panjang surah yang terpanjang dari surah-surah al Qur’an.
4. Beliau memanjangkan huruf yang memang harus di panjangkan (bacaannya), maka beliau memanjangkan kata (ar Rahmaan) dan kata (ar Rahiim).
5. Beliau mengucapkan ta’uudz pada permulaan bacaannya, maka beliau membaca: “ ‘auudzu billahi mina ssyaithani rrajiem”. Terkadang beliau mengatakan: “Allahumma inni a’udzu bika mina ssyaithani rrajiem, min hamzihi wa nafakhihi wa nafatsihi”.(Shahihul kalim).
6. Beliau membaca al Qur’an dalam keadaan berdiri, duduk, berbaring dan dalam keadaan berwudhu atau dalam keadaan berhadats, dan beliau tidak tercegah untuk membacanya kecuali dalam keadaan junub.
“Syaikh al Baany rahimahullah melemahkan hadits:”kaana laa yuhjibuhu ‘anil qur’an syaiun laysal janaabah”. Artinya: “tidak ada yang menghalanginya untuk membaca al Qur’an sedikitpun kecuali junub”. Di sebabkan salah satu dari perawinya telah mengalami ikhtilath (seperti pikun dll), demikian pula hadits ini di lemahkan oleh As syafi’I, Ahmad, al Baihaqy dan al Khatthaaby, dan imam ibn Hajar dalam kitabnya fathul baary mengatakan: ”sebagian mereka melemahkan sebagian perawinya, dan yang benar bahwasanya hadits itu adalah hadits hasan dan sah untuk di jadikan sebagai dalil atau hujjah”. Dan shahih dari Imam Muslim dari Hadits Aisyah Ra.: “Rasulullah saw. mengingat Allah swt. Dalam setiap keadaannya”.
7. Beliau memperbagus suaranya dalam membaca al Qur’an, beliau bersabda: “bukan dari golongan kami orang yang tidak memperbagus (bacaannya suaranya) dalam membaca al Qur’an”. Beliau bersabda: “Hiasilah al Qur’an dengan suara kalian”. (Shahih Abi Daud).
8. Beliau senang mendengarkan bacaan al Qur’an dari orang lain.
9. Jika beliau membaca aya as sajdah (sujud tilawah) maka beliau bertakbir dan sujud, terkadang beliau mengucapkan dalam sujudnya: “ Sajada wajhiya lilladzi khalaqahu wa shawwarahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi”.
Artinya: “Bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatannya”. (Shahihunnasaa’i).
dan terkadang beliau mengatakan: “Allahumma ahthith ‘anni biha wizran, waktubli biha ajran, waj’alha lii ‘indaka dzakhran, wa taqabbalaha minni kamaa taqabbaltaha min ‘abdika daud”.
Artinya: “Ya Allah ampunilah dosaku dengan sujudku, tulislah untukku dengan sujudku pahala, serta jadikanlah simpanan untukku di sisi-Mu, dan terimalah sujudku sebagaimana Engkau telah menerimanya dari hamba-Mu Daud”. (Shahihu ttirmidzi). Tidak di nukilkan dari Rasulullah saw. bahwasanya beliau bertakbir untuk mengangkat tangan pada sujud ini, tidak melakukan tasyahud dan tidak mengucapkan salam.
No comments:
Post a Comment